Pengertian pengelasan menurut Deutch Industrie Normen (DIN) las adalah suatu ikatan metalurgi pada sambungan logam paduan yang dilaksanakan dalam keadaan lumer atau cair. Dari definisi dapat dijabarkan lebih lanjut bahwa las adalah sambungan setempat dari beberapa batang logam dengan menggunakan energi panas.

Teknik pengelasan adalah salah satu program keahlian yang ada dalam didang keahlian mesin di SMK PGRI 3 Malang. Siswa program kehlian pengelasan dibekali ilmu tentang cara pengelasan SMAW, GMAW, GTAW, dan OAW. Dengan berbagai posisi pelat, antara lain posisi 1G (dibawah tangan), 3G (horisontal), 4G (diatas kepala), untuk pipa posisi 5G dan 6G.

Lulusan dari program keahlian ini akan bekerja sebagai juru las (welder) di konstruksi perkapalan, jembatan, rangka baja, bejana tekan, pipa pesat, pipa saluran, boiler, pressure vessel, rel, dan lain lain.

Untuk lulusan program keahlian pengelasan di SMK PGRI 3 MALANG terserap kerja di Bromo steel Pasuruan, Polygon, Samudra marine Indonesia (Cilegon), Oxi Assistelin Welding (OAW), PT. Tatarapika globalindo, PT. Dempo Laser, Gas Tungsen Arc Welding (GTAW/TIG)