Kimia pembangkit merupakan kompetensi keahlian dari bidang keahlian elektronika di SMK PGRI 3 Malang. Kompetensi keahlian ini dirasa perlu di adakan kaitanya dengan kebutuhan dari program keahlian teknik pembangkit tenaga listrik. Ruang lingkup pembelajaran kompetensi keahlian ini antara lain ; pengelolaan laboratorium kimia dasar, macam metode analisa kimia, uji mutu bahan bakar, uji amdal, dan lain lain.

Kompetensi keahlian kimia pembangkit sangat berperan dalam industri pembangkit tenaga listrik karena energi listrik bisa dihasilkan dari energi kimia.

Lulusan dari teknik kimia akan menjadi process engineer, seorang yang mengatur jalanya proses yang terjadi di dalam pabrik atau industri yang melibatkan reaksi kimia, contohnya seperti pabrik pupuk (petrokimia), pabrik semen, pabrik kertas, dan pabrik yang memproduksi bahan kimia lainya, nahkan tidak menutup kemungkinan untuk bekerja di industri pertambangan ataupun perminyakan. Contohnya pabrik minyak atsiri, pabrik parfum, ataupun pabrik bahan kimia yang memang ditbutuhkan tetapi bisa diproduksi dengan pabrik yang masih berskala rumahan.