Arduino

Arduino

Arduino adalah sebuah perangkat elektronik yang berbasis open source yang terdapat komponen utama yaitu sebuah IC mikrokontroler jenis AVR yang dapat diprogram menggunakan komputer. Pada perangkat Board Arduino sudah ditanam sebuah program agar mampu membaca input output sesuai dengan yang diinginkan.

Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C dan software Arduino IDE (Integrated Development Enviroment) dapat di download http://arduino.cc/en/Main/Software

Perangkat keras Arduino berbasis mikrokontroler ATMEGA8, ATMEGA168, ATMEGA328 dan ATMEGA1280 (yang terbaru ATMEGA2560). Aplikasi arduino ini dapat digunakan dalam pembuatan projek, misalnya robotik, mobile robotik, SMART Home, Line follower, dan lain – lain

Board Arduino Uno R3

Atmega328P (Arduino) I/O Pin (Sumber Modul Arduino ITE College West)

Atmega328P, Arduino Circuit (Sumber Modul Arduino ITE College West)

Robotik

Kata robot berasal dari kosakata robota yang artinya kerja cepat, berasal dari bahasa Cekoslowakia ditemukan pada tahun 1920. Robot biasanya digunakan untuk tugas berat, bahaya, pekerjaan berulang dan kotor. Sedangkan kata robotika menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah ilmu tentang mesin robotik.

Salah satu sektor di Revolusi Indutri 4.0 adalah Robotik. Dengan dibuatnya robot, proses produksi pada manufakture / industri dapat lebih cepat dan efisien. Teknologi robot mulai dikembangkan diberbagai sektor usaha yang dapat membantu ketersedian produk yang dihasilkan oleh industri. Robot mulai dipelajari diberbagai sekolah yang berbasis Teknik Elektronika, hal ini dimungkinkan sebuah pengembangan robot yang inovatif yang dihasilkan oleh siswa SMK. Di SMK PGRI 3 Malang sudah dikembangkan model pembelajaran yang mendukung Revolusi Industri 4.0 di Jurusan Elektronika Industri dan Audio Video. Siswa diharapkan mampu membuat ide untuk membuat dan mengembangkan teknologi robotik dengan dibantu oleh mesin 3D printing sebagai alat cetak hasil inovasinya.

Gambar Cetakan 3 D printing untuk mobile robot

3D Printing

3D Printing adalah sebuah printing yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, namun berbeda dengan printing biasanya yang mencetak data dalam sebuah kertas ataupun lembaran lainya. Dengan teknologi dari 3D printing sebuah perusahaan dapat membuat sebuah prototype tanpa harus menghabiskan bahan baku ataupun material. 3D Printer dapat menggunakan berbagai material untuk menghasilkan cetakannya, tetapi pada umumnya material yang digunakan adalah Plastik ABS dan PLA yang biasanya di sebut Benang Plastik filamen dengan aneka warna, ABS dan PLA adalah thermoplastic dimana mereka akan melunak dan mudah dibentuk apabila dipanaskan dan mengeras solid setelah didinginkan.

Penggunaan 3D printing mulai merambah dalam berbagai bidang / sektor seperti bidang medis, bidang industri, bidang fashion, bidang arsitektur, dan bidang pendidikan. Di bidang pendidikan, 3D Printing dapat membantu siswa dalam mengimplementasikan karya atau ide dibidang elektronika misalnya dibidang robotik, sebuah robot mampu dibuat dan dicetak dengan memanfaatkan 3D printing.

Gambar hasil 3D di bidang Robotik